PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

Sitio, Dian Rasita (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166172012 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166172012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166172012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166172012 PERFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166172012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166172012 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166172012 ILLISTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166172012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166172012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166172012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166172012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis budaya batak toba dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan self-efficacy yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis budaya batak toba dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (3) Menganalisis kesalahan jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 di SMP Negeri 1 Jorlang Hataran berjumlah 48 siswa. Instrumen yang dingunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian, dan angket self-efficacy matematika . Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas untuk kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pengujian Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis budaya batak toba dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Nilai n-gain hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1 yaitu 0,5706 dan 0,4477. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan self-efficacy matematis antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis budaya batak toba dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Nilai n-gain hasil tes self-efficacy siswa pada kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1 yaitu 0,4813 dan 0,3082 .(3) Pola jawaban siswa pada kelas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorRajagukguk, W196110051986011001
Call Number: 510.071 2 Sit p
Keywords: Matematika, Model Pembelajaran, Slf-Efficacy, Budaya Batak Toba
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30905

Actions (login required)

View Item View Item