PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DRAMA BERBAISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI BATANG KUIS

Sari, Nalaria Mustika (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DRAMA BERBAISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI BATANG KUIS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166191008 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166191008 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166191008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166191008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166191008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166191008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166191008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166191008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166191008 BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166191008 BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166191008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar menulis teks drama berbasis pendidikan karakter, (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menulis teks drama berbasis pendidikan karakter dan (3) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar menulis teks drama berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development yang merujuk pada model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar dilakukan dengan tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan uji coba. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh data 100% guru dan siswa membutuhkan bahan ajar lain dalam pembelajaran teks drama, pengembangan produk dilakukan dengan validasi ahli dan materi, dan uji coba produk perorangan memperoleh skor 84,72 dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 86,80 dengan kategori sangat baik serta uji coba lapangan terbatas memperoleh skor 91,60 dengan kategori sangat baik. (2) bahan ajar dinyatakan layak dengan persentase kelayakan isi 88,15%, kelayakan penyajian 87,5%, penilaian bahasa 80,76% dan penilaian kegrafikan 79,58%. (3) bahan ajar dinyatakan efektif untuk digunakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis dengan rata-rata hasil belajar pretes68,31 dan postes 80. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks drama berbasis pendidikan karakter layak, mudah dan efektif dingunakan pada pembelajaran di kelas VIII SMP. Penelitian ini berimplikasi menumbuhkan pendidikan karakter yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dalam diri siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks drama dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahman196710011994021001
Call Number: 812 Sar p
Keywords: pengembangan, bahan ajar, menulis, teks drama, pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30891

Actions (login required)

View Item View Item