PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS NILAI ETIK OLEH SISWA KELAS VIII MTsN 2 MEDAN

Suharyati, (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS NILAI ETIK OLEH SISWA KELAS VIII MTsN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Daftar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar penyataan.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab 1.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Surat Pernyataan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis nilai etik oleh siswa kelas VIII MTsN 2 Medan. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan dari Borg and Gall. Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas VIII MTsN 2 Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi rata-rata memperoleh 89,84% dengan kriteria baik, kelayakan penyajian rata–rata memperoleh 90,3 % dengan kriteria sangat baik, dan penilaian aspek kebahasaan memperoleh rata-rata 89,42% dengan kriteria baik. (2) Validasi ahli desain dengan rata-rata 84,58% dengan kriteria baik. (3) respon guru memperoleh rata-rata 85,83% dengan kriteria baik. (4) uji coba perorangan memperoleh rata-rata 75% dengan kriteria cukup. (5) uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 83,56% dengan kriteria baik. (6) uji lapangan terbatas memperoleh rata-rata 94,92% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar memproduksi teks biografi sebelum menggunakan modul memperoleh 70,65 sedangkan hasil belajar tes memproduksi teks biografi menggunakan modul meningkat dengan memperoleh 81,09. Selisih yang diperoleh 10,44 dari sebelum dan sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks biografi berbasis nilai etik meningkat. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bahan ajar yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan pada materi yang sedang diajarkan dapat di ajarkan secara mandiri maupun klasikal. Selanjutnya bagi siswa meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam kegiatan memproduksi/menulis teks biografi dengan kandungan nilai etik di dalamnya yang berkaitan dengan penanaman nilai etik didalam bahan ajar berupa modul teks biografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Thesis advisorAnsari, khairil196309101988031002
Call Number: 418.4 Suh p
Keywords: Bahan Ajar, Modul Pembelajaran, Nilai Etika, Kekayaan Modul
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1725 Ethics of social groups, classes, etc. Professional ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism > BL71.5 Biography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2018 02:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30879

Actions (login required)

View Item View Item