PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI KELAS X SMK PELAYARAN BUANA BAHARI MEDAN

Sinaga, Susi Friska (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI KELAS X SMK PELAYARAN BUANA BAHARI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156192023 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156292023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156192023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156192023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156192023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156192023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156192023 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156192023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156192023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156192023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156192023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penyusunan bahan ajar berbasis lingkungan pada materi teks laporan hasil observasi; (2) kelayakan bahan ajar berbasis lingkungan pada materi teks laporan hasil observasi; dan (3) keefektifan bahan ajar berbasis lingkungan pada materi teks laporan hasil observasi di kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sanjaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, angket, dan tes mengenai materi teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi isi/materi meliputi aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa secara keseluruhannya mencapai 92,93% pada kriteria sangat baik; (2) validasi desain pembelajaran meliputi aspek ukuran fisik modul, desain sampul, desain isi dengan rata-rata 85,15% pada kriteria sangat baik; (3) keefektifan bahan ajar ditunjukkan dari hasil postes sebesar 85,50% (lebih tinggi dibandingkan hasil pretes sebesar 76,17%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis lingkungan pada materi teks laporan hasil observasi layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar. Implikasi penelitian ini memberikan sumbangan praktis, terutama pelaksanaan pembelajaran bagi pendidik sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi teks laporan hasil observasi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151948031004
Thesis advisorMarice, 196311201992032003
Call Number: 410.071 2 Sin p
Keywords: pengembangan, bahan ajar, teks observasi, lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2018 03:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30739

Actions (login required)

View Item View Item