PENGARUH PETA PEMIKIRAN (MIND MAPPING) BERBASIS WEB DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Ambarwati, Nova Florentina (2010) PENGARUH PETA PEMIKIRAN (MIND MAPPING) BERBASIS WEB DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188430016 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188430016 abstrak.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188430016 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188430016 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188430016 bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188430016 bab I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188430016 bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188430016 bab V.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan antara basil belajar kimia siswa yang diajarkan melalui metode pembelajaran secara kooperatif dengan menggunakan media pets pikiran berbasis web, dan dengan menggunakan media peta pikiran tidak berbasis web, dan 2) Ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan basil belajar siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA St. Thomas 2 Medan yang dibagi dalam tiga kelompok yaitu kelompok eksperimen A sebanyak 40 siswa, kelompok eksperimen B sebanyak 40 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah soal tee hasil belajar yang sahib dinyatakan valid dan reliabel serta angket motivasi belajar siswa. Uji coba soal tes dengan menggunakan rumus product moment untuk uji validitas dan basil pengujiandiperoleh antara 0,39 sampai 0,64 atau lebih besar dari ru 0,33 serta uji KR-20 untuk ujireliabilitas diperoleh r,1 sebesar 0,68 (kategori tinggi). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, teknik analisis data menggunakan uji Analisis varians (Anava) sate jalur setelah memenuhi uji norrnalitas dan homogenitas dan dilanjutkan dengan uji HSD Tukey. Hasil pengujian mengungkap bahwa: I) terdapat perbedasin antara basil belajar kimia siswa yang diajarkan melalui pembelajaran secara kooperatif dengan menggunakan media pets pikiran (mind mapping) berbasis web, melalui pembelajaran secara kooperatif dengan menggunakan media pets pikiran (mind mapping) tidak berbasis web, dan pembelajaran secara konvensional. Dimana F hitung 6,394 dan p (sig) = 0,002, dan HSD Tukey sebesar 0,0385 yang menyatakan ada perbedaan rata-rata basil belajar dari masing-musing kelompok yaitu rata-rata gains skor kelas eksperimen A sebesar 0,64; kelas eksperimen B sebesar 0,60 dan kelas kontrol sebesar 0,52 dan 2) secara signifikan tidak terdapat hubungan motivasi belajar dengan basil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran secara kooperatif dengan media pets pikiran (mind mapping) berbasis web dimana harga F sebesar 0,182 dengan p (sig) sebesar 0,672 serta R2 sebesar 0,005. Kesimpulan ini memberi makna bahwa ada pengaruh pengaruh pembelajaran secara kooperatif dengan media peta pikiran (mind mapping) berbasis web terhadap basil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA St. Thomas 2 Medan tahun pembelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Amb p
Keywords: pemikiran; hasil belajar; kimia; peta pemikiran; web; siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 May 2016 20:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3055

Actions (login required)

View Item
View Item