PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DALAM PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA

Harahap, Ramlah Khairani Ali (2009) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DALAM PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188410007 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188410007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410007 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188410007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410007 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188410007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410007 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188410007 Bab I.pdf - Published Version

Download (872kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410007 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188410007 Bab V.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410007 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188410007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh aktivitas siswa dalam penggunaan media pembelajaran berbasis web dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ikatan kimia, (2) mengetahui perbedaaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan media berbasis web dalam pembelajaran inkuiri terhadap siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan media berbasis web, (3) mengetahui interaksi antara media dengan aktifitas dalam mempengaruhi basil belajar kimia siswa di MAN Tanjung Morawa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Tanjung Morawa yang diambil secara proposif untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Reliabilitas tes basil belajar Alpha Cronbach (pada Reliability Statistic) = 0,724 ternyata lebih besar dari rtabe = 0,344, maka tes yang diuji coba reliable. Data diperoleh dengan cara mengadakan evaluasi belajar siswa (test) sebelum dan sesudah pengajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan uji ANOVA satu jalur dengan terlebih dahulu menganalisis uji persyaratan, berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk mengatahui perbedaan lebih lanjut digunakan uji Tukey.Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) Aktifitas belajar kimia siswa dengan menggunakan media berbasis web lebih tinggi dari pada tanpa menggunakan media berbasis web, yang ditunjukkan dari nilai rata-rata media web 99,12 sedangkan tanpa menggunakan media web 91,36 dan 90,64 (2) Hasil belajar kimia siswa yang menggunakan media berbasis web lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan basil belajar kimia siswa tanpa menggunakan media berbasis web yang ditunjukkan dari nilai probabilitas p (Sig (2-tailed)) = 0,000 (karena p < 0,05). (3) Interaksi antara metode dengan aktivitas dalam mempengaruhi basil belajar kimia siswa signifikan, ini ditunjukkan dari nilai probabilitas p (Sig.(2-tailed)) = 0,002 ((karena p < 0,05).Implikasi dari hasil penelitian ini adalah penerapan program media berbasis web dapat meningkatkan basil belajar dan tingkat aktivitas belajar siswa. Dengan demikian maka hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi para guru kimia agar menggunakan program media berbasis web sebagai tambahan dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Har p
Keywords: educations; media program; website; penggunaan komputer; hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 May 2016 19:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item
View Item