PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

Napitupulu, Minaruli (2009) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188410008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410008 Bab I.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410008 Bab V.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :(I) pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar tanpa model pembelajaran berbasis masalah (konvensional). (2) pengaruh tingkat motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan tanpa pembelajaran berbasis masalah. (3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Merbau Labuhan Batu Utara. Kelas XI IPAI sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dilakukan dengan uji T berpasangan dan General Linier Model Univariat. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji Chi Squere untuk uji homogenitas. Reliabilitas tes hasil belajar Alpha Cronbach (pada Reliability Statistic) = 0,662 ternyata lebih besar dari rtabel = 0,320, maka tes yang diuji coba reliabel.Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang ditunjukkan dari nilai proporsi p (Sig (2-tailed)) = 0,00 (harga p < 0,05). (2) motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar dengan tanpa model pembelajaran berbasis masalah yang ditunjukkan dari nilai proporsi p (Sig (2-tailed)) = 0,00 (harga p < 0,05). (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar da;lam mempengaruhi hasil belajar kimia yang ditunjukkan dengan Nilai Signifikan (0,44 > 0,05 )Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan tanpa model pembelajaran berbasis masalah (konvensional).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Call Number: 540.071 Nap p
Keywords: pembelajaran; model; motivasi; kimia;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item