PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Sihaloho, Hendra Waldi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126176011 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126176011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126176011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126176011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126176011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126176011 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126176011 TABLES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126176011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126176011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126176011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126176011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Apakah terdapat peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal dan insrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan peningkatan pada kategori tinggi. Ada pengaruh model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan peningkatan pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Sahyarnidn0026046004
Thesis advisorSimanjuntak, Mariati Purnamanidn0019117104
Call Number: 530.071 Sih p
Keywords: inquiry training, keterampilan proses sains dan peningkatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Apr 2018 15:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30077

Actions (login required)

View Item View Item