PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JICSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMAN 3 PADANG SIDEMPUAN

Syahroni, Asma (2008) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JICSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMAN 3 PADANG SIDEMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188410012 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188410012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410012 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188410012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410012 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188410012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410012 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188410012 Bab I.pdf - Published Version

Download (898kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410012 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188410012 Bab V.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410012 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188410012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) interaksi basil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran diskoveri dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, diskoveri, dan konvensional dengan keterampilan sosial siswa, (2) keterampilan sosial siswa dalam belajar kimia yangdiajarkan dengan menggunakan pembelajaran diskoveri dalam tatananpembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (3) pengaruh pembelajaran diskoveri dalam tatanan kooperatif tipe Jigsaw, pembelajaran diskoveri, dan pembelajaran konvensional terhadap basil belajar kimia dan keterampilan sosial siswaPopulasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Sampel diambil dari kelas XI WA 1 sebanyak 36 orang, kelas XI IPA 2 sebanyak 36 ()rang dan XI IPA 3 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan uji T dan General Linier Model Univariat. Uji lanjut digunakan uji Kolmogorov Smirnov dengan terlebih dahulu menganalisis uji persyaratan, benipa uji normalitas dan uji homogenitas. Reliabilitas tes hasil belajar Alpha Ovnbach (pada Reliability Statistic) = 0,59 temyata lebih besar dari rubel = 0,344, maka tes yang diuji coba reliabelHasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa : Interaksi antara hasil belajar kimia dengan keterampilan sail siswa pada ketiga kelompok perlakuan yaim pembelajaran diskoveri dalam tatanan kooperatif tipe Jigsaw, diskoveri dan konvensional memberikan pengaruh yang signifikan dengan rerata kuadrat pre tes = 0,437 (R2 pada sig. 0,985) dan rata-rata kuadrat pos tes = 0,610 (R2 pada sig. 0,763), (2) keterampilan sosial siswa dalam belajar kimia yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran diskoveri dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga meningkat dan lebih baik bila dibandingkan dengan keterampilan sosial siswa yang diajar dengan pembelajaran diskoveri dan konvensional, dan (3) terdapat pengaruh pembelajaran diskoveri dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar kirnia siswa dapat dilihat dengan rata-rata nilai gain yang lebih tinggi (0,62) dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran diskoveri (rata-rata gain = 0,58) dan pembelajaran konvensional (rata-rata gain = 0,60). Sedangkan pengaruh pembelajaran diskoveri dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan sosial siswa dimana keterampilan sosial siswa dengan pembelajaran diskoveri dalam tatanan kooperatif tipe Jigsaw meningkat (dengan rerata = 74,77 dan standar deviasi = 8,70, sedangkan keterampilan sosial siswa drawn pembelajaran diskoveri memiliki rerata = 67,75 dan standar deviasi = 8,79 dan keterampilan sosial siswa dengan pembelajaran konvensional memiliki rerata 72,77 dan standar deviasi = 10,81.Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran discovery dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa. Deegan demikian maka hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi para guru kimia agar menggunakan pembelajaran discovery sebagai tambahan praktikum kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Sya p
Keywords: BElajar; pembelajaran; senior high scholl; sosial; kimia; kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 May 2016 18:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item
View Item