UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII-1 SMP NEGERI 19 MEDAN T.A 2017/2018

Simbolon, Tommy Josimon (2018) UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII-1 SMP NEGERI 19 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133311023 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM. 4133311023 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133311023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133311023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133311023 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133311023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133311023 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4133311023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133311023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4133311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan matematika realistik pada materi operasi aljabar di kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan T.A 2017/2018, untuk menganalisis ketuntasan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan matematika realistik pada materi operasi aljabar di kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan T.A 2017/2018, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada materi operasi aljabar kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa pada materi Operasi aljabar di kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematis siswa. Dari hasil analisis data tes diagnostik diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 10 dari 30 siswa atau 33.33% dengan rata-rata kelas 55.65. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan pendekatan matematika realistik menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 30 siswa atau 50% dengan rata-rata kelas 59.86. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 26 dari 30 siswa atau 86.67% dengan rata-rata kelas 75.14. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik di kelas VIII-1 SMP Negeri 19 Medan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Hasratuddin196312311991031030
Call Number: SK-2018 MAT 060
Keywords: kemampuan penalaran matematis; pendekatan matematika realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29775

Actions (login required)

View Item View Item