PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A. 2017/2018

Simorangkir, Esroni MT (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5113111012_COVERI.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5113111012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5113111012_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5113111012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5113111012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5113111012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5113111012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5113111012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 5113111012_BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5113111012_BAB V.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 5113111012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar menggambar teknik dasar masih kurang memuaskan dikarenakan dalam pembelajaran masih menggunakan metode komunikasi verbal yang hanya berpusat kepada guru, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Guru dijadikan satu-satunya sumber informasi sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung satu arah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran menggambar teknik dasar di SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A. 2017/2018, dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 24 siswa. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Pada uji instrument yang dilaksanakan dari 30 soal yang disebarkan di dapat soal yang valid sebanyak 25 soal dan 5 soal yang tidak valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran menggambar teknik dasar siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2017/2018. Karena thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Think Pair Share memberi pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar Menggambar Teknik Dasar pada siswa kelas X Program Keahlian TGB di SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyana, Rachmat196810121993031005
Call Number: SK-2018 BAN 017
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29744

Actions (login required)

View Item View Item