MALAY, NUR RIZDA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA POWERPOINT PADA SUB MATERI TOTIPOTENSI DAN KULTUR JARINGAN DI KELAS XI MIA SEMESTER 1 MAN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NUR RIZDA MALAY 4133341048 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NUR RIZDA MALAY 4133341048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NUR RIZDA MALAY 4133341048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NUR RIZDA MALAY 4133341048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NUR RIZDA MALAY 4133341048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NUR RIZDA MALAY 4133341004 BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
11. NUR RIZDA MALAY 4133341048 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NURRIZDA MALAY 4133341048 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (713kB)
14. NUR RIZDA MALAY 4133341048 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NUR RIZDA MALAY 4133341048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
16. NUR RIZDA MALAY 4133341048 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media Audio-Visual dan media PowerPoint pada sub materi totipotensi dan kultur jaringan di kelas XI MIA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster
random sampling. Dari 8 kelas yang menjadi sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu satu kelas eksperimen pada kelas XI-MIA 6 berjumlah 35 siswa dengan menggunakan Media Audio-Visual dan satu kelas kontrol pada kelas XI- MIA 4 berjumlah 35 siswa dengan menggunakan media Power Point. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk
soal sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media Audio-Visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media PowerPoint dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,727 > 1,669 pada taraf 0,05 . Hasil belajar siswa pada materi
totipotensi dan kultur jaringan di kelas eksperimen diperoleh rata-rata postes sebesar 52,42. Sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol rata-rata postes sebesar
45,38. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media Audio-Visual dan media PowerPoint pada Sub Materi Totipotensi dan Kultur Jaringan kelas XI Semester 1 MAN 1 Medan T.A 2017/2018.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2018 BIO 042 |
| Keywords: | Perbedaan Hasil Belajar, Audio-visual, Powerpoint, Totipotensi, Kultur Jaringan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
| Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:13 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 08:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29721 |
