HUBUNGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101801 DELITUA T.A 2017/2018

RIZKY, NOVA (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101801 DELITUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111042_COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111042_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143111042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143111042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143111042_BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143111042_BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143111042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui keterampilan berkomunikasi guru matematika, (2) mengetahui motivasi belajar matematika siswa dan (3) mengetahui hubungan keterampilan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 101801 Delitua T.A 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional dengan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101801 delitua T.A 2017/2018 yang berjumlah 101 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada variabel Keterampilan Berkomunikasi Guru (X) dan Motivasi Belajar Siswa (Y) dengan masing-masing menggunakan angket yang berjumlah 25 item angket. Teknik analisis data menggunakan uji kecenderungan, uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien korelasi dan uji hipotesis. Hasil analisis data pada kelas V SDN 101801 Delitua T.A 2017/2018 menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berkomunikasi guru pada mata pelajaran matematika cenderung cukup dengan persentase rata-rata 76,24% dan tingkat motivasi belajar matematika siswa cenderung cukup dengan persentase rata-rata 81,19%. Hasil uji koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang “kuat” antara keterampilan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 101801 Delitua T.A 2017/2018 dengan rxy = 0,607. Dan hipotesis penelitian ini menunjukkan thitung > ttabel sebesar 9,563 > 1,984. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 101801 Delitua T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, YUSNADI196101091987031003
Call Number: SK-2018 PGSD 046
Keywords: KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI GURU, MOTIVASI BELAJAR SISWA, MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29671

Actions (login required)

View Item View Item