PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 164330 TEBINGTINGGI

Hanim, Farida (2017) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 164330 TEBINGTINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156182019 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156182019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156182019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156182019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156182019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156182019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156182019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156182019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156182019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156182019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156182019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang pada penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan proses pembelajaran yang belum menumbuhkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh LKPD berbasis keterampilan proses sains dan tingkat motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar IPA. Alasan dilakukan penelitian karena hasil belajar IPA rendah dan pembelajaran IPA cenderung menggunakan pendekatan ekspositori sehingga peserta didik juga tidak termotivasi untuk belajar. Kegiatan pembelajaran mengenai sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat di sekolah dasar khususnya untuk kelas IV belum menekankan pada proses sains sehingga sikap ilmiah peserta didik juga belum terlihat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV di SD Negeri 164330 Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtinggi, dan sampelnya dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPA, angket motivasi belajar, dan lembar observasi sikap ilmiah. Data yang diperoleh dari instrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh LKPD berbasis keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA lebih baik daripada LKPD konvensional; (2) pengaruh tingkat motivasi tinggi terhadap hasil belajar IPA lebih baik daripada tingkat motivasi rendah; (3) terdapat interaksi antara LKPD berbasis keterampilan proses sains dan LKPD konvensional dengan tingkat motivasi dalam memengaruhi hasil belajar IPA; dan (4) sikap ilmiah peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis keterampilan proses sains lebih baik daripada LKPD konvensional. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa LKPD berbasis keterampilan proses sains dan tingkat motivasi belajar tinggi merupakan alternatif pilihan guru dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Call Number: 370.15 Han p
Keywords: Hasil Belajar IPA, Motivasi Belajar; Sikap Ilmiah; Keterampilan Sains; Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Apr 2018 07:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29658

Actions (login required)

View Item View Item