PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BISNIS MANAJEMEN APIPSU MEDAN

Nikmah, Khoirun (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BISNIS MANAJEMEN APIPSU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156121017 COVER.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156121017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156121017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156121017 TABLES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156121017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156121017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156121017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan pada mata pelajaran kewirausahaan berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, tahap I mengembangkan bahan ajar dan uji coba, dan tahap II uji efektifitas produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X AP SMK BM APIPSU Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksprimen. Sampel penelitian sebanyak 47 orang siswa yang terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas eksprimen yang diajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis kontekstual dan 23 orang siswa lain sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar berbasis kontekstual dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 2,35 > ttabel = 1,68, dengan dk = (n1+n2-2) pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan bahan ajar berbasis kontekstual sebesar 27,37% sedangkan buku teks sebesar 23,60%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMursid, R196607111991031003
Thesis advisorPurba, Edward195208121976031003
Call Number: 371.3 Nik p
Keywords: kewirausahaan, Manajemen, Bisnis, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Apr 2018 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29588

Actions (login required)

View Item View Item