PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MEDAN T.A. 2016/2017

Muslimah, Wulidatul (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MEDAN T.A. 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156121012 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156121012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156121012 TABLES.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156121012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156121012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar Ekonomi peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar Ekonomi peserta didik yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Peta Konsep, (2) Bagaimana hasil belajar Ekonomi antara peserta didik dengan tingkat Motivasi Berprestasi tinggi dan hasil belajar peserta didik dengan Motivasi Berprestasi rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran (Berbasis Masalah dan Peta Konsep) dan Motivasi Berprestasi dalam memengaruhi hasil belajar Ekonomi. Penelitian ini dilakukan di MAN Medan yang terdiri dari MAN 1 Medan, MAN 2 Model Medan, dan MAN 3 Medan. Sedangkan populasi untuk siswa sebanyak 542 siswa. Sampel Sekolah untuk penelitian adalah MAN 1 Medan Kecamatan Medan Tembung dan MAN 3 Medan kecamatan Medan Amplas. Penelitian diletakkan pada kelas X IPS Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk sampel penelitian adalah 341 siswa, yaitu 79 siswa diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Berbasis Masalah, dan 77 siswa diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Peta Konsep. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Sccheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peta Konsep, hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 8,21 > Ftabel 3,94; (2) hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi rendah dengan nilai Fhitung = 9,01 > Ftabel = 3,94; (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi dalam memengaruhi hasil belajar Ekonimi dengan nilai Fhitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 14,42 > Ftabel = 3,94) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dari pada strategi pembelajaran Peta Konsep dalam meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa. Siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar Ekonomi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin19581008181031002
Thesis advisorSukirno, 195908071983031033
Call Number: 371.3 Mus p
Keywords: Ekonomi, Strategi Pembejalaran, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Apr 2018 02:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29586

Actions (login required)

View Item View Item