PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELAYU DELI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 MEDAN

Pratama, Satria (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELAYU DELI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156171065 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156171065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156171065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156171065 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156171065 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156171065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156171065 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156171065 TABLE OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156171065 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8156171065 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156171065 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran melalui pendekatan realistik berbasis konteks budaya Melayu Deli yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan perangkat PR-BKBMD yang dikembangkan ; 3) Mendeskripsikan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat PR-BKBMD yang dikembangkan; 4) Mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD yang dikembangkan di kelas VII-1 dan VII-2 SMP Negeri 5 Medan. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar aktivitas siswa (LAS), buku guru (BG), buku siswa (BS), dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis (TKPKM). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai pretest 55,88 dan nilai posttest 64,71, dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai pretest 61,76 dan nilai posttest 82,35; 3) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD pada uji coba I memperoleh nilai rata-rata 68,67 dan meningkat pada uji coba II dengan memperoleh nilai rata-rata 87,57; 4) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada uji coba II lebih baik dari pada uji coba I.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 2 Pra p
Keywords: kemampuan pemahaman konsep matematis, kemandirian belajar siswa, model 4-D, pengembangan perangkat pembelajaran, PRBKBMD.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29387

Actions (login required)

View Item View Item