KONTRIBUSI TIPE KECERDASAN DAN SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Tampubolon, Arif Rahman Hakim (2017) KONTRIBUSI TIPE KECERDASAN DAN SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN TAPANULI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER (8156174003).pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (8156174003).pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (8156174003).pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (8156174003).pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (8156174003).pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL (8156174003).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR (8156174003).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN (8156174003).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I (8156174003).pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V (8156174003).pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA (8156174003).pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tipe kecerdasan dan self-efficacy terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri se-Kabupaten Tapanuli Selatan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan data diperoleh dari 10 SMA Negeri dengan menggunakan teknik survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri 815 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Slovin, Proportionate Stratified Random Sampling (PSRS) dan Simple Random Sampling (SRS) yang terdiri dari 268 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket tipe kecerdasan, self-efficacy, dan soal biologi pada materi sistem organ. Kontribusi tipe kecerdasan dan self-efficacy terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem organ diperoleh dengan menggunakan analisis regresi dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi tipe kecerdasan secara langsung sebesar 22,1%, secara tidak langsung sebesar 34,3% dan self-efficacy sebesar 1,4%. Secara simultan, kontribusi tipe kecerdasan dan self-efficacy sebesar 57,8% dengan residual 42,2% dipengaruhi variabel lain. Dengan melihat kontribusi masing-masing tipe kecerdasan, maka diketahui tipe kecerdasan yang memiliki kontribusi terbesar dan disebut sebagai prediktor terbaik terhadap hasil belajar kognitif dan membantu guru dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat guna mengatasi masalah dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHarahap, Fauziah196607281991032002
Thesis advisorSudibyo, Mufti196008161988031005
Call Number: 573.071 2 Tam k
Keywords: tipe kecerdasan, self-efficacy, hasil belajar kognitif siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item