PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN RANTAUPRAPAT

Aminah, Wasri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8156174036 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8156174036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8156174036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8156174036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8156174036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8156174036 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8156174036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 8156174036 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 8156174036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8156174036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 8156174036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan advance organizer terhadap keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi Sistem Pernapasan di MAN Rantauparapat. Penelitian ini dilakukan pada 3 kelas yaitu kelas XI2 dengan model inkuiri, kelas XI3 dengan model advance organizer, dan kelas XI4 dengan model konvensional. Instrumen pengumpulan data keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi berbentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kovariat (kovariat pretes) dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan skor keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaan inkuiri 29,19% lebih tinggi dibanding dengan skor keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional namun tidak berbeda signifikan dibanding yang dibelajarkan dengan model advance organizer 27,47% (F = 362,48; P = 0,000). Skor kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaan inkuiri 31, 21% lebih tinggi dibanding dengan skor kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional namun tidak berbeda signifikan dibanding yang dibelajarkan dengan model advance organizer 28,92% (F = 466,66; P = 0,000). Kesimpulan penelitian ini bahwa model pembelajaran Inkuiri dan advance organizer berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem pernapasan di MAN Rantauparapat

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 617,071 2 Ami p
Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Advance Organizer, Inkuiri, Sistem Pernapasan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates > QL640 Reptiles and amphibians
Q Science > QL Zoology > QL750 Animal behavior
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29297

Actions (login required)

View Item View Item