PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN PMR DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DI SMKS SARTIKA RANTAUPRAPAT

PUTERI, MASHITAH (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN PMR DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DI SMKS SARTIKA RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Nim 8156172066 Cover.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Nim 8156172066 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Nim 8156172066 Abstract.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Nim 8156172066 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Nim 8156172066 Table of Content.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Nim 8156172066 List of Table.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Nim 8156172066 List of Figures.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Nim 8156172066 Chapter I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 Nim 8156172066 Chapter .V.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Nim 8156172066 References.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pendekatan PMR dengan siswa yang diberi pendekatan kontekstual berbantuan macromedia flash. (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diberi pendekatan PMR dengan siswa yang diberi pendekatan kontekstual berbantuan macromedia flash. (3) Bagaimanakah proses penyelesaian jawaban siswa terkait dengan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pendekatan PMR dan pendekatan kontekstual berbantuan macromedia flash. (4) Bagaimanakah proses penyelesaian jawaban siswa terkait dengan representasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan PMR dan pendekatan kontekstual berbantuan macromedia flash. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMKS Sartika Rantauprapat. Kemudian dipilih secara acak dua kelas berjumlah 53 orang. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan Pendekatan PMR berbantuan macromedia flash dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pendekatan kontekstual berbantuan macromedia flash. Instumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan representasi matematis. Analisis data yang dilakukan menggunakan ANACOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pendekatan PMR dengan siswa yang diberi pendekatan kontekstual berbantuan macromedia flash atau F_hitung = 3,939 ˃ F_tabel= 3,38. (2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diberi pendekatan PMR dengan siswa yang diberi pendekatan kontekstual berbantuan macromedia flash atau F_hitung = 12,347 ˃ F_tabel= 3,38. (3) Perhitungan persentase hasil skor total rata-rata untuk kemampuan pemecahan masalah 57% dengan pendekatan PMR dan 50,36% dengan pendekatan kontekstual. (4) Perhitungan persentase skor total rata-rata untuk kemampuan representasi matematis siswa 74,40% dengan pendekatan PMR dan 31,66% dengan pendekan kontekstual.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Mulyono19711231 199903 1 010
Thesis advisorSiagian, Pargaulan19541019 198011 1 001
Call Number: 510.071 Put p
Keywords: Pendekatan PMR, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item View Item