PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TERMOKIMIA

Bastian Jose, Wandry Habeahan (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133331051 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133331051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133331051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133331051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133331051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133331051 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133331051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133331051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133331051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133331051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133331051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4133331051 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Termokimia, juga interaksi antara model pembelajaran menggunakan media dan kemampuan numerik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA N 1 Stabat yang terdiri dari 9 kelas dan 2 kelas sebagai sampel yang diambil secara purposive sampling. Merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan anava faktorial 2 × 2. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel r (0,85) dan data untuk kemampuan numerik siswa diperoleh melalui test kemampuan numerik dengan soal yang telah valid. Teknik analisa data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL menggunakan media terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 4,015 > 3,99, terdapat pengaruh kemampuan numerik tinggi dan kemampuan numerik rendah terhadap hasil belajar kimia pada materi termokimia dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 23,717 > 3,99 dan terdapat interaksi antara model pembelajaran menggunakan media dengan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia pada materi termokimia dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 11,142 > 3,99.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugiharti, GULMAH19611107 198803 2 001
Call Number: SK-2018 KIM 007
Keywords: ANAVA 2 X 2; HASIL BELAJAR; KEMAMPUAN NUMERIK; MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28761

Actions (login required)

View Item View Item