IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMA NEGERI 1 NAMORAMBE

HASIBUAN, SUHAILA (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMA NEGERI 1 NAMORAMBE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4131121041 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4131121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4131121041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4131121041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4131121041TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4131121041 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4131121041 TABLE.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4131121041 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4131121041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4131121041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 4131121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Inquiry Training untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada pokok bahasan gerak lurus di SMA Negeri 1 Namorambe Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Namorambe yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 9 soal, dan aktivitas keterampilan proses sains dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak) dan uji N-gain. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berturut-turut adalah 30,50 dengan standar deviasi 8,37 dan 30,05 dengan standar deviasi 8,08. Nilai rata-rata postes untuk kedua kelas diperoleh secara berturut-turut adalah 76,3 dengan standar deviasi 7,28 dan 68,4 dengan standar deviasi 7,73. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil obeservasi aktivitas keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen meningkat disetiap pertemuan nilai deskriptornya dengan rata-rata 5,5% disetiap KPS. Hasil pengujian uji t dua pihak diperoleh thitung= 0,233 dan ttabel= 1,997 (thitung< ttabel), hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Hasil pengujian uji t satu pihak diperoleh thitung= 4,593 dan ttabel= 1,671 (thitung>ttabel), sehingga Ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Inquiry Training untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada pokok bahasan gerak lurus di SMA Negeri 1 Namorambe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Purwanto196605071999031001
Call Number: SK-2018 FIS 016
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING, KETERAMPILAN PROSES SAINS, GERAK LURUS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28637

Actions (login required)

View Item View Item