PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK N 1 KUTACANE T.P 2017/2018

AINISYAH PUTRA, M SUMAR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK N 1 KUTACANE T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7132141027COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7132141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 7132141027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 7132141027ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 7132141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 7132141027 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 7132141027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 7132141027APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7132141027CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7132141027CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 7132141027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa kelas X SMK N 1 Kutacane. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK N 1 Kutacane Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N. 1 Kutacane, yang beralamat di jln. Lauser No. 196 L Komplek Pelajar, Aceh Teenggara, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) yang terdiri dari 2 kelas jumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sebagai kelas eksperimen 1 kelas X AP1 dan ekperimen 2 kelas X AP2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih dahulu sebanyak 25 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas X AP 1 44,83 dengan Standar Deviasi 11,10 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping = 79,83 dengan standar deviasi 17,54. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas X AP 2 45,5 dengan Standar Deviasi 12,20 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan menggunakan model Problem Based Learning = 63,5 dengan standar deviasi 16,35. Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen Fhitung > Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (4,376 > 1,672), yang berarti hipotesis diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 58. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Mind Mapping dengan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMK N 1 Kutacane T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBARUS, CEPAT19530313 197903 1 003
Call Number: SK-2018 ADP 018
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING; MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING; HASIL BELAJAR KEAESIPAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28615

Actions (login required)

View Item View Item