PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI INDONESIA DI SMK BM SINAR HUSNI T.A. 2017/2018

PURBA, KAROLINA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI INDONESIA DI SMK BM SINAR HUSNI T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7131141057 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7131141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7131141057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7131141057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7131141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7131141057 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7131141057 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7131141057 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7131141057 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7131141057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7131141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Korespondensi Indonesia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar; 2). Pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar Korespondensi Indonesia siswa kelas X SMK BM Sinar Husni, Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 140 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP 1 (Eksperimen I ) yang berjumlah 35 orang dan X AP 3 (Eksperimen II) yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smornov dengan kriteria thitung> ttabel pada taraf α = 0,05 dan uji homogenitas menggunakan uji F(Levene) dengan kriteria Fhitung > Ftabel pada taraf α = 0,05, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji partial (t) dengan kriteria pengujian adalah t hitung> t tabel dan menggunakan uji simultan (F) dengan ketentuan F hitung> F tabel pada taraf α = 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung eksperimen I adalah sebesar 3,608 dengan ttabel sebesar 1,689. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (3,608>1,689) dengan signifikan α 0,000 < 0,05. Nilai thitung eksperimen II adalah sebesar 2,486 dengan ttabel sebesar 1,689. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (2,486> 1,689) dengan signifikan 0,003< 0,05.Nilai Fhitung adalah sebesar 7,854. Sedangkan Ftabel dihitung dengan ketentuan yaitu taraf signifikansi 95% dan taraf α 0,05, serta derajat kebebasan (dk) dengan ketentuan n-3 = 70-3 = 67. Dengan ketentuan tersebut diketahui nilai Ftabel sebesar 3,13. Dengan demikian nilai Fhitung = 7,858 dikonsultasikan dengan Ftabel = 3,13 sehingga didapat nilai Fhitung = 7,858>Ftabel = 3,13. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa : ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Explicit Instruction dan Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi Indonesia kelas X SMK BM Sinar Husni Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasyim, -196501252005011001
Thesis advisorMutmainnah, Sri196901161993032002
Call Number: SK-2018 ADP 019
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INXTUCTION, MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY, HASIL BELAJAR KORESPONDENSI INDONESIA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28570

Actions (login required)

View Item View Item