PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA SDN PASAR UJUNG BATU

Hutahuruk, Abdullah Manap (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA SDN PASAR UJUNG BATU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188830020 abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188830020 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188830020 bab I.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188830020 bab V.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menelaah adanya perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang proses pembelajarannya menggunakan strategi bermain peran dengan basil belajar PPKn siswa yang proses pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran kerja kelompok; 2) menelaah adanya perbedaan basil belajar PPKn siswa yang belajar pada pagi hari dengan hasil belajar PPKn siswa yang belajar pada siang hari; dan 3) menelaah adanya interaksi antara strategi pembelajaran dengan waktu belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan di SD Pasar Ujun Batu. Pemilihan sampel yang dijadikan kelas eksperiman dan kelas kontrol dilakukan secara random (random sampling). Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran bermain peran dan kerja kelompok sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel terikat adalah basil belajar PPKn siswa.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan basil belajar PPKn siswa. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal strategi pembelajaran dan waktu belajar siswa.Dan hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan strategi bermain peran (IV) = 17,05 dan rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan strategi kerja kelompok (7-2) = 14,10. Selanjutnya rata-rata basil belajar PPKn siswa yang belajar pada pagi hari adalah (X) -= 17,075 dan rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang belajar pada siang hariadalah (X4) = 14,025.Selanjutnya hasil analisis varians strategi pembelajaran dengan waktu menunjukkan hanya Fittung = 1,707 < Frabei = 3,59 sehingga Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan waktu belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Thesis advisorGultom, Ibrahim195707031986011001
Call Number: 372.832 Hut p
Keywords: Hasil Belajar; Strategi Bermain
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2813

Actions (login required)

View Item View Item