UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGELASAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS XI TP SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017

Silalahi, Juandi (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGELASAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS XI TP SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5113121026 Cover.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5113121026 Lembar Pengesahan dan Surat Pernyataan.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5113121026 Abstrak.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5113121026 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5113121026 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5113121026 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5113121026 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5113121026 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 5113121026 BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5113121026 BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 5113121026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengelasan siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Balige dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Balige pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek siswa kelas XI TP berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi dan evaluasi. Selanjutnya dari hasil tes awal diperoleh data sebayak 38,71% siswa mendapat nilai tuntas. Dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,67 dan ketuntasan klasikal mencapai 64,52%. Sedangkan tes hasil belajar pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 78,39 dan ketuntasan klasikal mencapai 83,87%. Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II, berarti ada peningkatan sebesar 19,35%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pengelasan pada siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaryanto, Eka196511181992031001
Call Number: SK-2017 MSN 086
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar pengelasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ836 Hydraulic machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Dec 2017 10:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28040

Actions (login required)

View Item View Item