PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM MENINGKATKAN RASA EMPATI SISWA KELAS XI IPS2 DI SMA NEGERI 20 MEDAN T.A 2016/2017

Alvisa, Fishyola (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM MENINGKATKAN RASA EMPATI SISWA KELAS XI IPS2 DI SMA NEGERI 20 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 1131151008_COVER.pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text
2. NIM. 1131151008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text
3. NIM. 1131151008_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text
4. NIM. 1131151008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text
5. NIM. 1131151008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text
6. NIM. 1131151008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
7. NIM. 1131151008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
8. NIM. 1131151008_BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text
12. NIM. 1131151008_BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text
13. NIM. 1131151008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral dalam meningkatkan rasa empati siswa kelas XI IPS2 di SMA Negeri 20 Medan t.a 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2017. Penelitian ini merupakan penulisan kuantitatif dengan Pre experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 . Sampel di tarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas XI IPS2 dengan sampel yang heterogen. Data penulisan ini dikumpulkan dengan menggunakan angket empati berjumlah 35 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 10 dengan  = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 10 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test empati diperoleh skor rata-rata 79,37 , sedangkan data post-test empati diperoleh skor rata-rata sebesar 98. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok dengan pendekata behavioral lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral. Layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral memberikan kontribusi sebesar 23,47% terhadap peningkatan empati siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 20 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Pastiria195508081979032001
Call Number: SK-2017 BK 041
Keywords: KONSELING KELOMPOK, PENDEKATAN BEHAVIORAL,EMPATI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27651

Actions (login required)

View Item View Item