PENGARUH MODEL PEMBELAJRAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN DI KELAS X SEMESTER II SMAN14 MEDAN

Simanjuntak, Eirin Esra Lestari (2007) PENGARUH MODEL PEMBELAJRAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN DI KELAS X SEMESTER II SMAN14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 4123121012 COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 4123121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 4123121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 4123121012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 4123121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 4123121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 4123121012 TABLE.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 4123121012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 4123121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123121012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X semester II SMAN 14 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest–posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 14 Medan. Pengambilan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan masing–masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian aktivitas siswa. Berdasarkan hasil perhitungan aktivitas siswa diperoleh hasil observasi aktivitas siswa di kelas eksperimen memiliki peningkatan yang signifikan. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji–t) diperoleh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memiliki peningkatan yang signifikan daripada hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X semester II SMAN 14 Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGinting, Eva Marlina196704221997022001
Call Number: SK-2017 FIS 200
Keywords: kooperatif tipe group investigation, hasil belajar, aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27305

Actions (login required)

View Item View Item