PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII

Yusra, Erliza (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156171044 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156171044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156171044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171044 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171044 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156171044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156171044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh bahan ajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan melalui model pembelajaran berbasis masalah; 3) mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar aktivitas siswa (LAS), dan buku siswa (BS). Adapun instrument yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematika (TKKM), angket kemandirian belajar, angket respon siswa, lembar keterlaksanaan bahan ajar, dan lembar obeservasi guru. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan. Peningkatan kemampuan komunikasi matematik dari 61,76% ke 82,35%; 3) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Peningkatan kemandirian belajar siswa terjadi dari 79,18% ke 82,21%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Call Number: 510.071 2 Yus p
Keywords: Pengembangan bahan ajar matematika; Bahan ajar; Pembelajaran berbasis masalah; Kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27267

Actions (login required)

View Item View Item