PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS XI SMA SANTA MARIA MEDAN

Panggabean, Evi Diana (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS XI SMA SANTA MARIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136171022 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136171022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136171022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136171022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136171022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136171022 TABLES.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136171022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136171022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136171022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136171022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalahlebih baik dari pembelajaran langsung, (2) apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis lebih baik dari pembelajaran langsung, (3) kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaranberbasis masalah, (4) proses jawaban siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas paralel. Dari seluruh siswa kelas XI dipilih siswa sebanyak dua kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran langsung. Dalam penelitian ini telah dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP dan LAS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan pemecahan masalah, (2) tes kemampuan berpikir kreatif, (3) lembar aktivitas aktif siswa, Tes yang digunakan adalah berbentuk uraian yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,819 dan 0,842. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan aktivitas aktif siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan proses jawaban siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalahdalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =28,69 lebih besardari Ftabel= 4,01. (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis lebih baik dari pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =41,55 lebih besardari Ftabel= 4,01. (3)Kadar aktivitas aktif siswa selama penerapanmodel pembelajaran berbasis masalah memenuhi toleransi waktu idealdan (4) Proses jawaban siswa dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalahlebih baik dari pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196110051986011001
Call Number: 510.071 2 Pan p
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; Berpikir kreatif matematis; Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27251

Actions (login required)

View Item View Item