PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI POLIMER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Abduh, Muhammad (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI POLIMER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133131035 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133131035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133131035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133131035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133131035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133131035 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133131035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133131035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133131035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133131035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133131035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi polimer pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP; 3) implementasi model pembelajaran berbasis lingkungan yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 10 (sepuluh) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada materi polimer pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dengan pengolahan data yang diperoleh : kelayakan isi = 3,41; kelayakan bahasa = 3,4; kelayakan penyajian = 3,55; kelayakan kegrafikaan = 3,36 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) implemetasi model pembelajaran berbasis karakter peduli lingkungan yang didukung bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi polimer; (4) dari penelitian yang telah dilakukan dan berdasarkan pengolahan data yang ada, maka didapat hasil belajar kimia menggunakan pembelajaran berbasis lingkungan terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDibyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: SK-2017 KIM 251
Keywords: Polimer, Research and Development, Modul, Karakter, Peduli Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Nov 2017 14:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27153

Actions (login required)

View Item View Item