Abduh, Muhammad (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI POLIMER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131035 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4133131035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4133131035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4133131035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. NIM 4133131035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 4133131035 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 4133131035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 4133131035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM 4133131035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 4133131035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM 4133131035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi polimer
pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria
BSNP; 3) implementasi model pembelajaran berbasis lingkungan yang didukung
modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil
belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan terintegrasi
modul lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas
XI SMA Negeri 13 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI MIA yang
terdiri dari 10 (sepuluh) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random
sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada materi polimer
pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP); (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dengan pengolahan data yang
diperoleh : kelayakan isi = 3,41; kelayakan bahasa = 3,4; kelayakan penyajian =
3,55; kelayakan kegrafikaan = 3,36 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3)
implemetasi model pembelajaran berbasis karakter peduli lingkungan yang
didukung bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam materi polimer; (4) dari penelitian yang telah dilakukan dan berdasarkan
pengolahan data yang ada, maka didapat hasil belajar kimia menggunakan
pembelajaran berbasis lingkungan terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 251 |
Keywords: | Polimer, Research and Development, Modul, Karakter, Peduli Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 14:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27153 |