PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN METAKOGNISI BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP KH. A DAHLAN MEDAN

Nasution, Winda Suci Lestari (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN METAKOGNISI BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP KH. A DAHLAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156171077 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156171077 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156171077 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156171077 PREFACE.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156171077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156171077 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156171077 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156171077 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156171077 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171077 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Validitas perangkat PM-BBB yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PM-BBB yang dikembangkan; 3) Efektivitas perangkat PM-BBB yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan Penalaran Matematis siswa SMP KH.A Dahlan Medan PM-BBB yang dikembangkan; 5) Peningkatan Kecerdasan Emosional siswa dengan menggunakan perangkat PM-BBB yang dikembangkan; dan 6) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat PM-BBB dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat PM-BBB yang dikembangkan di kelas VII/C dan VIII/B SMP KH.A Dahlan Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PM-BBB yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,31, buku siswa = 4,30, LAS = 4,36; 2) Perangkat PM-BBB yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PM-BBB yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 4) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat PM-BBB yang dikembangkan; 5) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan perangkat PM-BBB yang dikembangkan; dan proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 2 Nas p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; PM-BBB Penalaran matematis; Kecerdasan emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27120

Actions (login required)

View Item View Item