PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SATU ATAP TEBING TINGGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN FLASH

Lumban Toruan, Winda Arnova Tiurida (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SATU ATAP TEBING TINGGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN FLASH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 8126172040 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 8126172040 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 8126172040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 8126172040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 8126172040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 8126172040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 8126172040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 8126172040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 8126172040 BAB 1.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8126172040 BAB 5.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8126172040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan Flash dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa, serta untuk mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa. Metode penelitian yang dipakai adalah menggunakan kuasi eksperimen. Dimana metode ini terdiri dua kelas, bahwa kelas pertama diberi perlakuan yaitu kelas yang diberi pembelajaran kontekstual berbantuan Flash dan kelas yang kedua yaitu kelas yang diberi pembelajaran biasa. Populasi yang diambil di sekolah SMP Negeri 2 Satu Atap Tebing Tinggi dan sampelnya adalah 28 siswa kelas VIII-1 sebagai kelas Eksperimen dan 28 siswa kelas VIII-2 sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan berupa 4 butir soal kemampuan berpikir kreatif berbentuk uraian yang telah diuji validitas, realibilitas, derajat pembeda dan indeks kesukaran. Untuk angket skala disposisi yang digunakan adalah angket skala Likert. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan disposisi matematis siswa dianalisis dengan menggunakan gain ternormalisasi dan kemudian dilanjutkan dengan ANAVA dua jalur untuk mengetahui terdapat tidaknya interaksi antara kemampuan awal siswa terhadap model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan kontekstual berbantuan Flash lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran biasa dimana rata-rata N-gain pada kelas eksperimen 0,539 dan rata-rata n-gain pada kelas kontrol adalah 0,258, (2) peningkatan disposisi matematis siswa yang diajar dengan kontekstual berbantuan Flash lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran biasa, dimana rata-rata n-gain pada kelas eksperimen adalah 0,380 sedangkan pada kelas kontrol adalah 0,240, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, (4) tidak interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorRajagukguk, W.196110051986011001
Call Number: 510.071 2 Lum p
Keywords: Creative Thinking; Mathematical Disposition; Contextual Learning; Flash
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27118

Actions (login required)

View Item View Item