PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP SABILINA TEMBUNG

Rizqi, Nur Rahmi (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP SABILINA TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156171056 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171056 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156171056 Abstract.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156171056 Preface.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171056 Table Of Content.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171056 Tables.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171056 Illustration.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156171056 Chapter I.pdf - Published Version

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156171056 Chapter V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171056 Bibliography.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional siswa, (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif yang telah dikembangkan, dan (3) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif yang telah dikembangkan. Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif ini menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 dan VIII-8 SMP Sabilina Tembung. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) Validitas bahan ajar menurut tim ahli adalah valid, kepraktisan bahan ajar telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a) validator menyatakan bahan ajar dapat digunakan dengan revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan bahan ajar telah dapat dikatakan baik, dan keefektifan bahan ajar telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen bahan ajar dan kegiatan pembelajaran positif. (2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada posttes ujicoba I dan ujicoba II sebesar 4 point, dan (3) terdapat peningkatan rata-rata kecerdasan emosional siswa pada angket ujicoba I dan ujicoba II sebesar 3,3 point.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 510.071 2 Riz p
Keywords: Bahan Ajar; Model Pengembangan 4-D; Pendekatan Metakognitif; Penalaran Matematis; Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26794

Actions (login required)

View Item View Item