PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN

Astriani, Nurullita (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156171020 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156171020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156171020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171020 TABLES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156171020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156171020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis peningkatan kemampuan spasial menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (2) Menganalisis peningkatan Self Efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (3) Menemukan perangkat pembelajaran yang efektif berbasis pendekatan realistik berbantuan media PowerPoint. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrument penelitian ini adalah RPP, Buku Guru, Buku Siswa, LKS, Tes Kemampuan Spasial dan Angket Self Efficacy. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-II dan uji coba II di kelas VIII-V SMP Negeri 30 Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa : (1) Adanya peningkatan kemampuan spasial menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; (2) Adanya peningkatan self efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; dan (3) Perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari: a) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) Ketercapaian tujuan pembelajaran; c) Waktu pembelajaran dan d) Respon siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Call Number: 510.071 2 Ast p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pendekatan Realistik; Berbantuan Media PowerPoint; Kemampuan Spasial; Self Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26789

Actions (login required)

View Item View Item