PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK DI SMK SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2017/2018

Amalia, Cici (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK DI SMK SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 7131142007_COVER.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text
2. NIM. 7131142007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text
4. NIM. 7131142007_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
3. NIM. 7131142007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
5. NIM. 7131142007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text
6. NIM. 7131142007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
7. NIM. 7131142007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
8. NIM. 7131142007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
9. NIM. 7131142007_BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text
13. NIM. 7131142007_BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
14. NIM. 7131142007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Swasta Harapan Stabat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Scientific lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan pendekatan scientific siswa kelas XII AK Di SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat T.P 2017/2018 yang beralamat di Jln. Letjend. S Parman No. 5 Stabat. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AK SMK Swasta Harapan Stabat T.P 2017/2018 yang berjumlah 58 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (simple random sampling) dengan teknik undian yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Test yang diberikan berupa tes yang baku yang dikutip peneliti dari buku pelajaran sehingga validitas dan reliabilitasnya sudah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan posttest yaitu 57,2 dan 82,6 dengan standar deviasi 10,21 dan 10,31. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 57,6 dan 74,4 dengan standar deviasi 11,37 dan 11,39. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 2,67 dan ttabel = 1,676. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,67 > 1,676. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan scientific lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan pendekatan scientific pada siswa kelas XII AK SMK Swasta Harapan Stabat T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Sondang Aida197901142008012005
Call Number: SK-2017 AKT 156
Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning; Pendekatan Scientific; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 10:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26763

Actions (login required)

View Item View Item