PERBEDAAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MENDENGARKAN DENGAN YANG TIDAK MENDENGARKAN MUSIK PADA MATERI SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA PARULIAN 1 MEDAN T.P 2016/2017

Pasaribu, Lanni Evriana (2017) PERBEDAAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MENDENGARKAN DENGAN YANG TIDAK MENDENGARKAN MUSIK PADA MATERI SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA PARULIAN 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133341061 COVER.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133341061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133341061 BIOGRAFY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133341061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133341061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133341061 TABLES.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133341061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133341061 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133341061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133341061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133341061 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang mendengarkan dengan yang tidak mendengarkan musik pada materi sistem indera di kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampel total. Kelas XI IPA 1 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pada proses belajar mendengarkan musik instrumental dan kelas kontrol pada proses belajar tidak mendengarkan musik instrumental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata nilai pretes kelas eksperimen adalah 39,2 dan kelas kontrol adalah 39. Kemudian rata – rata nilai postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 76,8 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 56,8. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (8,58 > 1,676) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil dan aktivitas siswa yang mendengarkan musik dengan yang tidak mendengarkan musik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLumban Gaol, Adriana Y.D196407131989032002
Call Number: SK-2017 BIO 158
Keywords: PERBEDAAN; MENDENGARKAN MUSIK; HASIL BELAJAR; AKTIVITAS BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Oct 2017 15:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26719

Actions (login required)

View Item View Item