PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DAN LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA

Syafitri, Anis (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DAN LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133131004 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133131004 TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133131004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami pada pokok bahasan termokimia dan laju reaksi bertujuan (1) untuk mengetahui ada/tidaknya nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) untuk mengetahui kelayakan rancangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami berdasarkan kriteria BSNP, dan (3) untuk mengetahui respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami. Penelitian ini menggunakan bagian dari metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahap analisis, rancangan, dan pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui ada/tidaknya nilai Islami pada buku ajar SMA adalah daftar tilik dan instrumen untuk mengetahui kelayakan modul kimia oleh dosen dan guru menggunakan angket berdasarkan kriteria BSNP serta respon terhadap modul kimia oleh guru dan mahasiswa menggunakan angket yang telah valid. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) kurang terdapat nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) Rancangan modul kimia layak dan tidak perlu revisi yang berarti telah memenuhi standar kelayakan BSNP. Dan nilai-nilai Islami yang diintegrasikan dalam rancangan modul kimia sesuai dan tidak perlu direvisi, (3) Respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia mendapat tanggapan yang sangat baik dan tidak perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: SK-2017 KIM 087
Keywords: Modul pembelajaran; Nilai-nilai islami; BSNP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 17:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26565

Actions (login required)

View Item View Item