PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI KONSEP MOL YANG DIAJAR DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DAN KARTU BERPASANGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Elennora, Nadia (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI KONSEP MOL YANG DIAJAR DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DAN KARTU BERPASANGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133131039 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133131039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133131039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133131039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133131039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133131039 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133131039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133131039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133131039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133131039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133131039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media teka-teki silang dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media kartu berpasangan pada materi konsep mol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Pancurbatu yang berjumlah 5 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposif dengan pertimbangan kesamaan guru, sumber buku, dan roster kelas. Sehingga diperoleh kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen I diajarkan model Problem Based Learning dengan media kartu berpasangan dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen II diajarkan model Problem Based Learning dengan media teka-teki silang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa test pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan distraktor (pengecoh). Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan model Problem Based Learning dengan media teka-teki silang dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan model Problem Based Learning dengan media kartu berpasangan pada materi konsep mol. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar kedua kelompok diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test dua pihak dan diperoleh thitung= 2,5352 sedangkan ttabel(0,05;50)= 2,0086. Dikarenakan harga thitungttabel ; 2,53522,0086 maka Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan model Problem Based Learning dengan media teka-teki silang dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan model Problem Based Learning dengan media kartu berpasangan pada materi konsep mol. Serta disimpulkan bahwa penggunaan media kartu berpasangan menggunakan model Problem Based Learning memberikan hasil belajar lebih tinggi sebesar 21,59% dibandingkan dengan penggunaan media teka-teki silang menggunakan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurmalis, 195704271989032001
Call Number: SK-2017 KIM 086
Keywords: Problem Based Learning; Teka-Teki Silang; Kartu Berpasangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 17:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26553

Actions (login required)

View Item View Item