PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SWADANA TARUTUNG

Tampubolon, Sartika (2017) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SWADANA TARUTUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3133122049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3133122049 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3133122049 Approval Sheet.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3133122049 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3133122049 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3133122049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3133122049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3133122049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3133122049 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3133122049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3133122049 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3133122049 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3133122049 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3133122049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3133122049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3133122049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 3133122049 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 3133122049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3133122049 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3133122049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria masyarakat mengenai pelayanan kesehatan di rumah sakit dan bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 117 responden dengan menggunakan alat pengumpul data, yaitu angket, wawancara, dan observasi. Angket pada penelitian ini terdiri dari 23 butir pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria masyarakat tentang pelayanan kesehatan terfokus pada perilaku provider yang dilihat dari keramahan provider, kedisiplinan provider serta kesigapan dari provider. Persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung, ditinjau dari 5 dimensi yang disebut dengan service quality, yaitu reliability (reliabiliti), assurance (jaminan), tangibles (tampilan fisik), emphaty (perhatian), dan responsiveness (kesigapan). Pemberian persepsi oleh masyarakat berbeda-beda, dikarenakan masyarakat berinteraksi dengan provider yang berbeda selama menggunakan jasa pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung adalah baik. Dengan hasil dimensi reability memperoleh rata-rata 71,96%, assurance memiliki rata-rata 72,32%, tangibles memiliki rata-rata 68,38%, emphaty memiliki rata-rata 71,15% dan responsiveness memiliki rata-rata 70,24%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ANTRO 084
Keywords: persepsi; pelayanan kesehatan; Rumah Sakit Umum Swadana Tarutung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN296 Medical anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:58
Last Modified: 19 Sep 2017 08:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26509

Actions (login required)

View Item
View Item