PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GIRSANG SIPANGANBOLON PARAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sirait, Rosgitha Magdalena (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GIRSANG SIPANGANBOLON PARAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7133341097 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7133341097 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7133341097 PREFARCE.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7133341097 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7133341097 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7133341097 TABLES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7133341097 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7133341097 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 7133341097 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 7133341097 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 7133341097 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1Girsang Sipanganbolon Parapat T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon Parapat yang beralamat di Jalan Pendidikan No 59 Parapat. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X berjumlah 291 orang yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa yang terdiri dari kelas X IS 3 yaitu 35 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IS 4 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Intrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 item soal. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 48 dengan SD 11,58 dan nilai rata-rata post test setelah diberi perlakuan model pembelajaran Numbered Heads Together sebesar 80,14 dengan SD 7,01. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 46,43 dengan SD 11,91 dan nilai rata-rata post test setelah diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional sebesar 65,57 dengan SD 8,38. Dari perhitungan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf siginifikansi α= 0,05, diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 7,931>1,670 maka Ha diterima yang artinya adanya pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Numbered Heads Together dibanding dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada pokok bahasan Pasar Dalam Perekonomian kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon Parapat T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: SK-2017 EKO 080
Keywords: Model pembelajaran numbered heads together; Hasil belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 15:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26449

Actions (login required)

View Item View Item