PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DENGAN PENDEKATAN SCL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMA DARUSSALAM MEDAN T.A 2016/2017

Sahriah, Elvi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DENGAN PENDEKATAN SCL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMA DARUSSALAM MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1._NIM_7131141033_COVER.PDF]
Preview
Text
1._NIM_7131141033_COVER.PDF - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7131141033 SURAT PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7131141033 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of 3._NIM_7131141033_KATA_PENGANTAR.PDF]
Preview
Text
3._NIM_7131141033_KATA_PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 4._NIM_7131141033_ABSTRAK.PDF]
Preview
Text
4._NIM_7131141033_ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 5._NIM_7131141033_DAFTAR_ISI.PDF]
Preview
Text
5._NIM_7131141033_DAFTAR_ISI.PDF - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 6._NIM_7131141033_DAFTAR_TABEL.PDF]
Preview
Text
6._NIM_7131141033_DAFTAR_TABEL.PDF - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7._NIM_7131141033_DAFTAR_LAMPIRAN.PDF]
Preview
Text
7._NIM_7131141033_DAFTAR_LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8._NIM_711141033_BAB_I.PDF]
Preview
Text
8._NIM_711141033_BAB_I.PDF - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 12._NIM_7131141033_BAB_V.pdf]
Preview
Text
12._NIM_7131141033_BAB_V.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 13._NIM_7131141033_DAFTAR_PUSTAKA.PDF]
Preview
Text
13._NIM_7131141033_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Darussalam Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Point Counter Point dengan pendekatan SCL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Darussalam, Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Darussalam, Medan T.A 2016/2017, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Darussalam Medan yang berjumlah 86 siswa. Jumlah sampel sama dengan jumlah seluruh populasi, kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas ekperimen. Masing-masing kelas berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item yang sudah diujicobakan sebelumnya untuk mengetahui tingkat validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda setiap soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pretest = 42.20 SD 10.59 dan rata-rata post-test = 81.74 SD = 7.14. sedangkan rata pretest kelas kontrol = 41.97 SD = 10.75 dan rata post test = 77.55 dan SD = 61.51. untuk pengujian hipotesis pada nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda diperoleh t_hitung = 4.47 dan t_tabel = 1.99 pada taraf nyata α = 0.05 dan dk = 43 + 43 – 2 = 84. Jika t_hitung > t_tabel atau 4.47 > 1.99, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran point counter point dengan pendekatan SCL terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Darussalam Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 069
Keywords: Hasil belajar ekonomi; Model pembelajaran point counter point
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Sep 2017 14:54
Last Modified: 14 Sep 2017 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26359

Actions (login required)

View Item
View Item