ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Lubis, Dina Alfila (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4132141002 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4132141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4132141002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4132141002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4132141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4132141002 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4132141002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4132141002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4132141002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4132141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan siswa pada materi jamur dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar di kelas X IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 123 orang, dan sampel yang digunakan adalah seluruh populasi (sampel total). Penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif pada materi jamur yang berjumlah 30 soal dan angket yang berjumlah 40 item. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi jamur dilihat dari aspek kognitif kesulitan belajar yang tertinggi terdapat tingkat C6 (menciptakan) sedangkan yang terendah terdapat pada tingkat C1 (mengingat); (2) Kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi jamur dilihat dari aspek indikator pembelajaran yang tertinggi terdapat indikator 5 (mengidentikasi jamur beracun dan tidak beracun (dapat dimakan)) sedangkan yang terendah terdapat pada indikator 1 yaitu mengidentifikasi ciri-ciri jamur: (3) Faktor tertinggi yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi jamur adalah orang tua dan faktor terendah yaitu kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasairin,, Ashar196306141990031002
Call Number: SK-2017 BIO 115
Keywords: Kesulitan belajar, Aspek Kognitif, Indikator Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 11:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26320

Actions (login required)

View Item View Item