ANALISIS BUTIR SOAL DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB TES UJIAN NASIONAL DAN UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI T.P 2016/2017 KELAS XI SMA/MA NEGERI DI KOTA MEDAN

Lubis, Siti Salmah (2017) ANALISIS BUTIR SOAL DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB TES UJIAN NASIONAL DAN UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI T.P 2016/2017 KELAS XI SMA/MA NEGERI DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131141044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131141044 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4131141044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4131141044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4131141044 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4131141044 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4131141044 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4131141044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4131141044 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4131141044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4131141044 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4131141044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4131141044 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4131141044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4131141044 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4131141044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4131141044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4131141044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4131141044 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4131141044 BAB I.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4131141044 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4131141044 BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4131141044 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4131141044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dalam menjawab soal UN dan UAS serta mengetahui kualitas soal UN materi kelas XI Semester Ganjil Tahun 2012 – 2016 dan Soal UAS Ganjil T.P 2016/2017 yang dilihat dari aspek kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 238 siswa. Objek penelitian adalah soal UN materi kelas XI Semester Ganjil Tahun 2012 – 2016 dan soal UAS yang berasal dari 6 sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih mampu menjawab soal UN dibandingkan dengan UAS berdasarkan nilai rata-rata siswa dalam menjawab soal UAS Ganjil lebih tinggi dibandingkan soal UN. Berdasarkan aspek kognitif taksonomi Bloom sebaran soal UAS Ganjil T.P 2016/2017 belum memenuhi proporsi soal yang seimbang yaitu dengan formulasi C1 40% C2 20% C3 20% C4 10% C5 5% C6 5%. Berdasarkan tingkat kesukaran sebaran soal UN dan UAS Ganjil T.P 2016/2017 belum memenuhi kriteria soal yang seimbang yaitu dengan formulasi sukar 25% sedang 50% dan mudah 25%. Berdasarkan daya pembeda sebaran soal UN dan UAS T.P 2016/2017 belum memenuhi kriteria soal yang baik yaitu dengan kriteria daya pembeda 0,30 – 1,00 ≥ 85%. Kriteria daya pembeda 0,30 – 1,00 pada soal UN 32%, UAS MAN 1 Medan 36%, UAS MAN 2 Model Medan 53%, UAS SMAN 4 Medan 52%, UAS SMAN 9 Medan 35%, UAS SMAN 11 Medan 49%, UAS SMAN 18 Medan 23%. Berdasarkan reliabilitas, soal UN memiliki reliabilitas rendah (0,3) sedangkan soal UAS rata-rata memiliki reliabilitas tinggi (0,60-0,79).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 069
Keywords: Analisis; Butir Soal; Ujian Nasional; Ujian Semester Ganjil
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 17:06
Last Modified: 12 Sep 2017 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item
View Item