IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERITEGRASI MEDIA PETA KONSEP, POWERPOINT, DAN ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS

Wari, Ajeng Karsita (2017) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERITEGRASI MEDIA PETA KONSEP, POWERPOINT, DAN ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131131003 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131131003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131131003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131131003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131131003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131131003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131131003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131131003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131131003 BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131131003 BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131131003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, perbedaan hasil belajar, model terintegrasi media yang efektif dan pengaruhnya terhadap menumbuhkan karakter siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X MA Negeri Lubuk Pakam. Sampel ditetapkan secara purposive sampling. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang sudah valid sebanyak 22 soal dan reliabel (0,90), namun yang digunakan untuk penelitian hanya 20 soal. Sedangkan data untuk karakter rasa ingin tahu dan kerja sama diperoleh menggunakan instrumen yang telah valid. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 72,1% pada model PBL terintegrasi media animasi, 62,5% pada model PBL terintegrasi media peta konsep, dan 67,4% pada model PBL terintegrasi media powerpoint, serta terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada model problem based learning terintegrasi media peta konsep, powerpoint, dan animasi,data yang diperoleh : Fhit > Ftabel yakni Fhit = 4,627 dan Ftabel = 3,26. Untuk hasil belajar yang lebih baik adalah menggunakan model problem based learning terintegrasi media animasi, yakni model problem based learning terintegrasi media animasi > media powerpoint > media peta konsep dengan rata-rata nilai yang diperoleh 82,83 > 80,3 > 76,5. Pada model PBL terintegrasi media animasi, karakter rasa ingin tahu = 75,5%, kerja sama = 74,8%; pada model PBL terintegrasi media peta konsep karakter rasa ingin tahu= 70,3%, kerja sama = 71,5%; dan pada model PBL terintegrasi media powerpoint karakter rasa ingin tahu = 74,4%, kerja sama = 74,1%. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar, terdapat perbedaan hasil belajar, proses pembelajaran yang efektif menggunakan model problem based learning terintegrasi media animasi, dan terdapat pengaruhnya terhadap menumbuhkembangkan karakter rasa ingin tahu dan kerjasama siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: SK-2017 KIM 053
Keywords: Problem Based Learning; Peta Konsep; Powerpoint; Animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 11:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26224

Actions (login required)

View Item View Item