PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERINTEGRASI POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA KELAS X T.P 2016/2017

Siregar, Budiman (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERINTEGRASI POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA KELAS X T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131121006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4131121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test Post-test Design Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang untuk kelas eksperimen dan 37 orang untuk kelas kontrol. Sebelum pembelajaran diberikan terlebih dahulu dilakukan pre test kepada kedua kelas. Kemudian dilaksanakan pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, dan setelah selesai pembelajaran dilakukan post test. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes essai, sebanyak 10 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan. Berdasarkan hasil pengolahan data pre test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 31 dan nilai rata-rata kelas kontrol 27,2. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,032, ttabel = 1,671, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pre test kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post test. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 70 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 55,86. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 4,561 dan tabel t = 1,671. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry Training terintegrasi PowerPoint terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan kelas X SMAN 10 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPANGGABEAN, JONNY HARATUA196409211989031003
Call Number: SK-2017 FIS 137
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, INQUIRY TRAINING, PENGETAHUAN KONSEPTUAL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

View Item View Item