PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA DHARMA PANCASILA MEDAN T.P 2016/2017

Maida, Tiyur (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA DHARMA PANCASILA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132121029 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132121029 APROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4132121029 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132121029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132121029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4132121029 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132121029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132121029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4132121029 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132121029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4132121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida ststis kelas XI Semester II di SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan Kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji Hipotesis menggunakan Uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 40,2 dengan standar deviasi 8,91 dan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 40,91 dengan standar deviasi 9,52. Diperoleh nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 64,45 dengan standar deviasi 6,60 dan kelas eksperimen sebesar 79,91 dengan standar deviasi 6,61. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 9,27 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (9,27 > 1,669) maka Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2016/2017 atau hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran model learning cycle lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSirait, Makmur196303061989031009
Call Number: SK-2017 FIS 164
Keywords: model pembelajaran, learning cycle, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General)
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26170

Actions (login required)

View Item View Item