PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA ALHIDAYAH MEDAN

Lestari, Sarah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA ALHIDAYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4102121023 COVER_doc.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4102121023 LEMBAR-PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4102121023 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4102121023 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4102121023 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4102121023 DAFTAR-ISI_doc.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4102121023 DAFTAR-TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4102121023 DAFTAR-GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4102121023 DAFTAR-LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4102121023 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4102121023 BAB-V_doc.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4102121023 DAFTAR-PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (group investigation) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di Kelas X Semester II SMA Alhidayah Medan. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment, yang melibatkan dua kelas yang diberi model pembelajaran yang berbeda yaitu kelas X 2 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (group investigation) dan kelas X 4 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas kontrol diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Adapun hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 4,29 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 4,03. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh ratarata postes kelas eksperimen sebesar 6,29 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 5,64. Hasil ini tampak bahwa nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (group investigation)(GI)) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Alhidayah T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHakim, Abd196407311991031001
Thesis advisorSiagian,, Henok196304151987031003
Call Number: SK-2017 FIS 167
Keywords: Hasil belajar; Group investigation (group investigation)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26167

Actions (login required)

View Item View Item