PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017

Tiadarma, Muhammad Andi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131121028 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131121028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131121028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131121028 TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131121028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131121028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131121028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based Learning dan pembelajaran konvensional, serta mengetahui pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran problem based Learning. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MIPA 3 dan kelas kontrol X MIPA 4 yang berjumlah 33 siswa.. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar kognitif siswa dalam penelitian, digunakan tes uraian berjumlah 10 Soal yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data penilaian afektif dan psikomotorik di kelas eksperimen, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar33,33 dan 31,21. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 75,81 dan 63,48. Hasil uji t diperoleh thitung = 6,38 dan ttabel = 1,93 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas X semester II pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017. Kesimpulan yang di dapat adalah penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGINTING, M.Si, DR. EVA MARLINA196704221997022001
Call Number: SK-2017 FIS 168
Keywords: QUASI EKSPERIMEN; MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING; MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26166

Actions (login required)

View Item View Item